Kamis, 28 Januari 2010

Jaringan Topologi

Jaringan Topologi adalah jaringan Layout atau yang berbentuk Lojik

Jaringan Ini terbagi atas tiga yaitu Jaringan Bus, Ring, dan Star

Jaringan Bus adalah Jaringan Yang berbentuk lurus dimana Microkomputer atau Jaringan Komunikasi terkoneksi melalui satu kanal yang sama debgan dua titik ujung.
Seperti Pada Transportasi Bus yang melakukan pemberhentian Penumpang pada satu Tujuan dan seterusnya

Kelebihannya Jaringan Bus ini yaitu Jaringan Bus  dapat di jadikan server klien atau  peer to peer.
sedangkan kekurangannya terletak pada tambahan sirkuit dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menghindari tabrakan antardata. Selain itu, jika terdapat kerusakan salah satu koneksi bus, misalnya ketika seseorang menggeser meja dan tidak sengaja kabel tercabut,maka keseluruhan jaringan akan berhenti beroperasi.

Jaringan Ring adalah jaringan yang berbentuk lingkaran dimana mikrokomputer dan peranti komunikasi lainnya terhubung dalam loop yang kontinu.tidak ada titik ujung pangkalnya.

Pesan elektronik berjalan di sepanjang ring hingga mencapai tujuan akhir.Tidak ad server Pusat. Contoh jaringan ring yaitu pada jaringan IBM Token ring dimana sebuah pola bit (disebut "token") berfungsi untuk menentukan mana pengguna jaringan yang boleh mengirimkan informasi.

Kelebihannya adalah, pesan hanya mengalir dalam satu ara, sehingga tidak mungkin terjadi tabrakan data. Kekurangannya adalah, jika terjadi kegagalan pada salah satu koneksi maka seluruh jaringan akan berhenti bekerja.

Jaringan Star adalah jaringan yang berbentuk Bintang di mana dalam jaringan ini mikrokomputer dan peranti komunkisai terhubung secara langsung ke server pusat.
Pesan Elektronik berjalan melelui hub pusat menuju tujuan terakhir.. Hub pusat memonitor arus lalu lintas data.
Kelebihanya, Hub yang terdapat pada jaringan Star mampu mencegah tabrakan antar pesan. Selain itu, jika ada sebuah koneksi antara peranti komunikasi dan hub yang terputus, peranti-peranti sisanya bisa terus beroperasi. Akan tetapi,jika Hub rusak,keseluruhan jaringan juga akan berhenti Bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar